Bookmarks

Minggu, 12 Februari 2012

Teori Strategi Porter & Keterkaitannya Dengan IT

Strategi Umum Michael Porter
Menurut Porter, ada tiga landasan strategi yang dapat membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif, yaitu keunggulan biaya, diferensiasi, dan fokus. Porter menamakan ketiganya strategi umum.
Keunggulan biaya menekankan pada pembuatan produk standar dengan biaya per unit sangat rendah untuk konsumen yang peka terhadap perubahan harga. Diferensiasi adalah strategi dengan tujuan membuat produk dan menyediakan jasa yang dianggap unik di seluruh industri dan ditujukan kepada konsumen yang relatif tidak terlalu peduli terhadap perubahan harga. Fokus berarti membuat produk dan menyediakan jasa yang memenuhi keperluan sejumlah kelompok kecil konsumen.
Bagi yang telah berkecimpung di sebuah perusahaan atau mulai meramu strategi demi membuat perusahan baru, tentunya tidak akan melupakan satu nama tokoh startegi perusahaan, yakni Porter. Porter meninggalkan sebuah  karya yang hingga kini sering dijadikan dasar ketika sebuah perusahaan akan memasuki pasar baru.
Ketika perusahaan akan membuka pasar baru, tentunya akan sering menggunakan model yang dikeluarkan oleh Porter. Porter mengeluarkan Porter Fives Forces Model sebagai gambaran bagi industry yang akan menganalisis sebuah pasar baru. Model tersebut dapat menjadi panduan cukup ampuh agar perusahaan tidak layu sebelum berkembang di pasar baru tersebut.
Sebuah perusahaan, setidaknya harus mengetahui 5 faktor penentu berjalannya usahanya. Kelima factor tersebut adalah sebagai berikut : 
1) Ancaman pendatang baru, yang dapat ditentukan dengan hambatan masuk ke dalam industri, antara lain, hambatan harga, respon incumbent, biaya yang tinggi, pengalaman incumbent dalam industri, keunggulan biaya, differensiasi produk, akses distribusi, kebijakan pemerintah dan switching cost.
2) Kekuatan tawar-menawar pemasok, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain tingkat konsentrasi pasar, diversifikasi, switching cost, organisasi pemasok dan pemerintah.
3) Kekuatan tawar-menawar pembeli, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain differensiasi, konsentrasi, kepentingan pembeli, tingkat pendapatan, pilihan kualitas produk, akses informasi, dan switching cost.
4) Ancaman produk subtitusi, yang ditentukan oleh harga produk subtitusi, switching cost, dan kualitas produk.
5) Persaingan di dalam industri, yang ditentukan oleh berbagai faktor, yaitu pertumbuhan pasar, struktur biaya, hambatan keluar industri, switching cost, pengalaman dalam industri, dan perbedaan strategi yang diterapkan.
Kelima faktor tersebut harus dikombinasikan dalam analisisnya. Analisisnya mengenai faktor-faktor tersebut akan menentukan sukses atau tidaknya sebuah perusahaan memasuki pasar baru.
Persaingan kompetitif berkaitan dengan seberapa sengitnya perusahaan bertarung di pasar. semakin homogen perusahaan yang terlibat,persainganpun akan lebih semakin besar. Selain itu,strategi yang digunakan perusahaanpun mempengaruhi tingkat persaingan.semakin serupa strategi yang digunakan,tentunya tingkat persainganpun akan semakin tinggi.
Tidak bias terbantah lagi,pemasok menjadi salah satu strakohelder  penting dalam rantai usaha sebuah perusahaan. Pemasok yang memiliki nilai tawar tinggi tentunya,akan menjadikannya semakin memiliki kekuataan dalam mengendalikan kegiatan usaha. hal ini ditandai dengan adakah pemasok tersebut merupakan salah satunya pemasok yang terlibat atau tidak ada barang substitusi lain yang bias dijadikan bahan baku.
Konsumen disisi lain menjadi tolak ukur penentu keberhasilan perusahaan. Dalam bahasa pemasaran,semakin kecil ringkat diferensial antarproduk, akan memberikan kesempatan konsumen untuk cepat beralih mencari produk perusahaan lain. Apalagi,jika tidak ada perbedaan mencolok.Misalnya,faktor harga ketika konsumen beralih ke perusahaan lain.
Tantangan dari barang-barang substitusi dan adanya pendatang baru juga mempengaruhi performansi perusahaan. Tantangan pendatang baru ini dapat dilihat apakah tingkat kemudahan perusahaan memasuki pasar. Semuda- mudah perusahaan masuk,akan semakin banyak perusahaan yang akan masuk ke pasar. Pada akhirnya,akan mempersengit tingkat persaingan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resources

About

Featured Posts Coolbthemes