Perbedaan Platform dengan Sistem Operasi (SO)
1. Platform
Lintas platform (bahasa Inggris: cross-platform) adalah istilah dalam teknologi informasi mengenai sebuah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan di beberapa sistem operasi yang berbeda (Microsoft Windows, Linux, Mac OS, BSD dan lain sebagainya). Umumnya perangkat lunak yang memiliki kemampuan lintas platform adalah perangkat lunak bebas.
Contoh perangkat lunak yang memiliki kemampuan lintas platform ini antara lain:
Apache HTTP Server
MySQL
PHP (1)
platform itu kalau dalam konteks teknologi adalah hardware/software yang berkesesuaian dg perangkat tertentu. misal ada software yg punya platform nokia, berarti software tersebut hanya bisa diinstal di perangkat nokia.(2)
Contoh perangkat lunak yang memiliki kemampuan lintas platform ini antara lain:
Apache HTTP Server
MySQL
PHP (1)
platform itu kalau dalam konteks teknologi adalah hardware/software yang berkesesuaian dg perangkat tertentu. misal ada software yg punya platform nokia, berarti software tersebut hanya bisa diinstal di perangkat nokia.(2)
Istilah komputer yang menggambarkan satu lingkungan kerja, baik hardware maupun software, yang memungkinkan software untuk berjalan didalamnya.Platform meliputi arsitektur komputer, sistem operasi atau bahasa pemrograman dan runtime library yang dimilikinya.(3)
2. Sistem Operasi
Sistem
operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi digunakan untuk mengeksekusi program user dan memudahkan menyelesaikan permasalahan user. Selain itu dengan adanya sistem operasi membuat sistem komputer nyaman digunakan. Sistem operasi mempunyai tujuan untuk menggunakan perangkat keras komputer secara efisien.
Secara umum komponen sistem komputer terdiri dari :
Secara umum komponen sistem komputer terdiri dari :
1. Perangkat
Keras, merupakan sumber daya utama untuk proses komputasi. Perangkat keras komputer terdiri dari : CPU, memory dan perangkat input output.
2. Sistem Operasi, mempunyai tugas untuk melakukan control dan koordinasi penggunaan perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user yang berbeda.
3. Program Aplikasi, menentukan cara sumber daya sistem digunakan untuk menyelesaikan permasalahan komputasi dari user, contohnya compiler, sistem basis data, video games, program bisnis dan lain-lain.
4. User yang menggunakan sistem, terdiri dari orang, mesin atau komputer lain.
3. Program Aplikasi, menentukan cara sumber daya sistem digunakan untuk menyelesaikan permasalahan komputasi dari user, contohnya compiler, sistem basis data, video games, program bisnis dan lain-lain.
4. User yang menggunakan sistem, terdiri dari orang, mesin atau komputer lain.
Hubungan antara komponen-komponen sistem komputer diatas dapat dilihat
pada Gambar 1-1.
pada Gambar 1-1.
Sistem operasi didefinisikan sebagai :
• Resource allocator
Sistem operasi mengatur dan mengalokasikan sumber daya – sumber daya sistem komputer
• Program control
Sistem operasi melakukan control eksekusi dari program user dan operasi input output.
• Kernel
Sistem operasi sering disebut kernel, yaitu suatu program yang berjalan sepanjang waktu (selain program aplikasi).
• Resource allocator
Sistem operasi mengatur dan mengalokasikan sumber daya – sumber daya sistem komputer
• Program control
Sistem operasi melakukan control eksekusi dari program user dan operasi input output.
• Kernel
Sistem operasi sering disebut kernel, yaitu suatu program yang berjalan sepanjang waktu (selain program aplikasi).
Perbedaan antara Platfform dan Sistem Operasi
A. Platform merupakan Hardware dan Software.
Sistem Operasi merupakan bagian dari Platform
(1)http://id.wikipedia.org/wiki/Lintas_platform
(2)http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120508033408AASA2gy(3)http://sma5bpp.blogspot.com/2011/02/platform.html
Sumber Daya Sistem Komputer
Sumber daya sistem komputer adalah semua komponen di sistem komputer
yang dapat memberi manfaat. Sumber daya
sistem komputer terdiri dari :
1. SUMBER DAYA FISIK
Sumber daya fisik adalah semua komponen yang ada
dalam sitem komputer yang dapat memberikan manfaat dan secara fisik dapat kita
lihat. Contoh :
- Keyboard, bar-code reader.
- Mouse, joystick, light-pen, track-ball, touch-screen dan perangkat-perangkat penunjuk (pointing device) lain.
- Floppy dsik drive, harddisk, tape drive, optical disk, CD ROM drive, dan perangkat-perangkat penyimpan data sekunder lain.
- Layar monitor baik CRT, LCD, dan perangkat-perangkat display lain.
- Printer
- Modem, ethernet Card, PCMCIA, dan alat-alat komunikasi lain.
- Memori akses acak (RAM = Random Acces Memory), chace memory, register, dan memori- memori volatile lain.
- Perangkat - perangkat multimedia seperti kamera, sound card, radio, dan sebagainya.
- Perangkat - perangkat grafis seperti digitizer, scanner, plotter, dan sebagainya.
- Perangkat - perangkat pengendalian proses yang terhubung ke komputer yaitu sensor - sensor dan aktuator - aktuator.
- dan sebagainya.
2. SUMBER DAYA ABSTRAK
Sumber daya abstrak yang terdiri dari :
Data sebagai sumber daya abstrak,
contohnya:
- PCB (Process Control Block) untuk mencatat dan mengendalikan proses.
- Berkas (file) untuk menyimpan data atau program
- Semaphore untuk pengendalian sinkronisasi proses-proses.
- Tabel segmen, tabel page, i-node, FAT untuk pengendalian memori.
Program merupakan
kumpulan instruksi yang dapat dijalankan oleh sistem computer. Contoh bentuk
program dapat berupa
- Utilitas, atau
- Aplikasi untuk mencapai tujuan komputasi (pengolahan) tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar